TPA Cipayung Kelebihan Kapasitas, 10 Rumah dan Pabrik Tahu Tertimbun Sampah!

TPA Cipayung Kelebihan Kapasitas, 10 Rumah dan Pabrik Tahu Tertimbun Sampah!

Terkini | inews | Minggu, 1 September 2024 - 17:14
share

DEPOK, iNews.id - Sebanyak 10 rumah warga dan sebuah pabrik tahu serta tiga lahan kosong milik warga di Jalan Usman Bontong, Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok, hilang tertimbun sampah yang longsor akibat daya tampung TPA Cipayung melebihi kapasitasnya, Sabtu (31/8/2024).

Selain itu, sebanyak delapan rumah warga lainnya terdorong ke bibir jurang setinggi 15 meter. Ada pun rumah-rumah yang mengalami rusak parah tersebut kini telah ditinggalkan oleh penghuninya lantaran takut terjadi longsor.

Untuk diketahui, longsor yang terjadi di sisi timur TPA Cipayung  rupanya sudah terjadi sejak 2019. Dalam kurun waktu lima tahun, sudah terjadi sedikitnya 25 kali longsoran. Kini, jarak titik longsor pun sudah mencapai satu kilometer. Bahkan, longsoran sampah juga menggeser Kali Pesanggrahan sejauh 500 meter.

Ani, salah satu warga yang rumahnya terdampak, menduga longsoran gundukan sampah setinggi 20 meter yang seringkali terjadi di TPA Cipayung tersebut disebabkan oleh over kapasitas. Tumpukan sampah yang didominasi oleh sampah plastik tersebut mudah merosot, terlebih saat diguyur hujan.

Penderitaan warga tak hanya itu. Air yang tercemar dan udara tak sehat yang mengeluarkan bau tak sedap juga menjadi keluhan sehari-hari warga. Tak sedikit yang mengeluhkan penyakit gatal-gatal. Mereka pun berharap pemerintah kota dapat mengatasi masalah selekasnya.

Topik Menarik