Perusahaan China Bikin Baterai Bus Listrik, Usia Pakainya hingga 15 Tahun

Perusahaan China Bikin Baterai Bus Listrik, Usia Pakainya hingga 15 Tahun

Terkini | okezone | Rabu, 18 September 2024 - 15:05
share

JAKARTA - Ekosistem kendaraan listrik semakin berkembang di seluruh dunia demi menjawab keraguan masyarakat. Khususnya pada baterai yang kerap menjadi pertanyaan banyak orang ketika ingin memboyong kendaraan listrik.

Untuk menjawab hal tersebut, Contemporary Amperex Technology Limited (CATL) resmi meluncurkan baterai bertenaga baru dengan masa pakai panjang khusus untuk bus listrik, yang diberi nama Tianxing-B.

Melansir Car News China, Rabu (18/9/2024), baterai yang dirancang khusus bus listrik itu dapat digunakan hingga berjarak 1,5 juta kilometer dengan ketahanan hingga 15 tahun. Soal garansi, Tianxing-B mendapat jaminan 10 tahun atau 1 juta kilometer.

Selain itu, baterai tersebut sudah tersertifikasi IP69, yang dapat membuatnya dapat tahan hingga 72 jam di dalam air. CATL juga merancang baterai tersebut untuk digunakan pada 80 model bus berbeda, dan telah bermitra dengan 13 konsumen, termasuk Dongfeng, Golden Dragon, dan Yutong Bus.

CATL menggunakan nama bahasa Inggris yang berbeda untuk baterai Tianxing-B, sehingga dapat disebut Tianxing Bus Edition atau Tianxing B-series. Mereknya sebelumnya bernama Tianxing, namun pada acara peluncuran produk baru-baru ini di Jerman, CATL menyebutnya Tectrans.

Tianxing merupakan merek CATL untuk baterai kendaraan listrik yang didedikasikan untuk kendaraan komersial. Merek baru ini diluncurkan pada 4 Juli 2024. Produk pertama dengan merek Tianxing adalah baterai Tianxing-L yang didedikasikan untuk kendaraan komersial ringan. 

 

Tianxing-L edisi jarak jauh menawarkan kapasitas 200 kWh, kepadatan energi 200 Wh/kg, dan garansi 8 tahun atau 800.000 km. Ini juga mendukung pengisian cepat 4C, memungkinkan pengisian ulang baterai hingga 60 persen SoC dalam 12 menit.

CATL memiliki hampir 50 persen pangsa pasar dalam penjualan baterai kendaraan listrik pada tahun 2024 (Januari-Agustus) di Tiongkok. Baterai mereka juga memberi daya pada lebih dari 385.000 bus di seluruh dunia.

CATL mengumumkan bahwa produksi massal baterai Tianxing-B akan segera dimulai. Tapi, perusahaan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai kapan pastinya produksi dilakukan.

Topik Menarik