Hukum Tajwid Surat At Thariq Ayat 1-5 Beserta Artinya, Alasan dan Cara Bacanya

Hukum Tajwid Surat At Thariq Ayat 1-5 Beserta Artinya, Alasan dan Cara Bacanya

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 15:30
share

JAKARTA, iNews.id -Terdapat banyak ragam bacaan hukum tajwid Surat At Talaq ayat 1-5 yang perlu diperhatikan. Membaca Al Quran merupakan ibadah mulia dan bernilai pahala, karenanya perlu memahami dan mengetahui hukum bacaan tajwidnya agar semakin sempurna.

Dilansir dari buku Quran Hadis MI Kelas IV, hukum mempelajari ilmu Tajwid sebagai disiplin ilmu adalah fardhu kifayah, namun hukum membaca Alquran dengan memakai aturan tajwid adalah fardhu 'ain. 

Dalil membaca Alquran dengan kaidah tajwid yakni Surat Al Muzammil ayat 4.

وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ

Artinya: Dan bacalah Al-Qur’an dengan tartil” (QS. 73:4). 

Dilansir dari Buku Program Tahsin Al Qur'an, Imam Ali bin Abi Tholib menjelaskan arti tartil dalam ayat ini, yaitu mentajwidkan huruf-hurufnya dan mengetahui tempat-tempat waqaf.

Surat Ath Thariq merupakan surah ke-86 dalam Al Quran. Ath Thariq artinya yang datang pada malam hari. Surah ini berjumlah 17 ayat dan turun setelah Al Balad, termasuk  golongan Makkiyah. 

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Nasai, bahwa Surat Ath Thariq ini dianjurkan dibaca umat Islam pada setiap shalat magrib. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW

عَنْ جَابِرٍ قَالَ: صَلَّى مُعَاذٌ الْمَغْرِبَ، فَقَرَأَ الْبَقَرَةَ وَالنِّسَاءَ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أَفَتَّانٌ يَا مُعَاذُ؟ مَا كَانَ يَكْفِيكَ أَنْ تَقْرَأَ بِالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ، وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا، وَنَحْوَ هَذَا؟ "

Artinya: Dari Jabir yang mengatakan bahwa Mu'az salat Magrib menjadi imam kaumnya dengan membaca surat Al-Baqarah dan surat An-Nisa. Maka Nabi Saw. menegurnya dan bersabda kepadanya: Hai Mu’az, apakah engkau orang yang suka menimbulkan fitnah. Padahal sudah cukup bagimu bila kamu membaca Was Sama-i Wat Tariq (surat Ath-Thariq), dan Wasy Syamsi Wa Duhdaha (surat Asy-Syam) dan surat lainnya yang semisal?.

Bacaan Surat At Thariq ayat 1-5 dan Artinya

وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا الطَّارِقُ (2) النَّجْمُ الثَّاقِبُ (3) إِنْ كُلُّ نَفْسٍ لَمَّا عَلَيْهَا حَافِظٌ (4) فَلْيَنْظُرِ الْإِنْسَانُ مِمَّ خُلِقَ 

Artinya: Demi langit dan yang datang pada malam hari, tahukah kamu apakah yang datang pada malam hari itu? (yaitu) bintang yang cahayanya menembus, tidak ada suatu jiwa pun (diri) melainkan ada penjaganya. Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan? Dia diciptakan dari air yang terpancar. (QS. Ath Thariq: 1-5)

Dalam Surat At Thariq ayat 1-5 tersebut terkandung beberapa hukum bacaan tajwid di antaranya alif lam syamsiah, alif lam qomariah, mad wajib muttashil, mad jaiz munfasil, qalqalah sugra, qalqalah kubra, mad thabi'i, ghunnah, ikhfa, idgham bilaghunnah, mad layyin.

Hukum Tajwid Surat At Thariq Ayat 1-5

1. وَالسَّمَاۤءِ وَالطَّارِقِۙ : Hukum tajwid Surat At Thariq ayat 1 terdiri atas 5 macam. Pertama, alif lam syamsiah alasannya karena huruf alif lam bertemu sin. Cara bacanya masuk ke huruf sin. Kedua, mad wajib muttashil. Alasannya karena huruf mad asli bertemu hamzah dalam satu kalimat. Cara bacanya panjang 2-5 harakat. Ketiga, alif lam syamsiah alasannya karena huruf alif lam bertemu tha. Cara bacanya masuk ke tha. Keempat, mad thabi'i alasannya karena huruf tha berharakat fathah bertemu alif. Cara bacanya panjang 2 harakat. Kelima, qalqalah kubra, alasannya karena huruf qaf sukun berada di akhir kalimat. Cara bacanya dipantulkan keras.

2. وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الطَّارِقُۙ : Hukum tajwid dalam Surat At Thariq ayat 2 terdiri ada 6 macam. Pertama, mad jaiz munfashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kalimat. Cara bacanya panjang 2, 4, sampai 6 harakat.  Kedua, qalqalah sughra, alasannya karena huruf Dal sukun berada di tengah kalimat. Cara bacanya dipantulkan ringan. Ketiga, mad thabi'i alasannya karenaa huruf Ra berharakat fathah tegak. Cara bacanya panjang 2 harakat. Keempat, alif lam syamsiah karena huruf alif lam bertemu tha. Cara bacanya masuk ke tha. Kelima, mad thabi'i karena huruf tha berharakat fathah berrtemu alif. Cara bacanya panjang 2 harakat. Keenam, qalqalah kubra, alasannya karena huruf qaf sukun berada di akhir kalimat. Cara bacanya dipantulkan keras.

3. النَّجْمُ الثَّاقِبُۙ : Hukum tajwid dalam Surat At Thariq ayat 3 ada 5. Pertama, alif lam syamsiah karena huruf alif lam bertemu nun. Cara bacanya masuk ke nun. Kedua, ghunnah karena huruf nun bertasydid. Cara bacanya dengung dan ditahan 3 harakat. Ketiga, qalqalah sugra karena huruf qalqalah jim sukun berada di tengah kalimat. Keempat, alif lam syamsiah karena huruf alif lam bertemu tsa. Cara bacanya masuk ke tsa. Kelima, mad thabi'i karena huruf tsa berharakat fathah bertemu alif. Dibaca panjang 2 harakat. Keenam, qalqalah kubra karena huruf qalqalah Ba berada di akhir kalimat dan diwaqaf. Cara bacanya dipantulkan keras.

4. اِنْ كُلُّ نَفْسٍ لَّمَّا عَلَيْهَا حَافِظٌۗ : Hukum tajwid Surat At Thariq ayat 4 ini ada 7. Pertama, ikhfa karena huruf nun sukun bertemu Kaf. Cara bacanya samar dan dengung serta ditahan 2 harakat. Kedua, idgham bilaghunnah karena huruf sin berharakat kasrah tanwin bertemu lam. Cara bacanya masuk ke lam tanpa dengung. Ketiga, ghunnah karena huruf mim bertasyid. Dibaca dengung dan ditahan 2-3 harakat. Keempat, mad thabi'i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif. Dibaca panjkang 2 harakat. Kelima, mad layyin karena huruf ya sukun jatuh setelah lam berhaarakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat. Keenam, mad thabi'i karena huruf kha berhaarakat fathah bertemu alif. cara bacanya panjang 2 harakat. Ketujuh, mad thabi'i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif. Dibacan panjang 2 harakat.

5. فَلْيَنْظُرِ الْاِنْسَانُ مِمَّ خُلِقَ : hukum tajwid Surat At Thariq ayat 5 ini ada 6. Pertama, ikhfa karena huruf nun sukun bertemu dha. Dibaca dengan samar dan dengung serta ditahan 2 harakat. Kedua, alif lam qomariah karena huruf alif lam bertemu alif. Dibaca jelas. Ketiga, ikhfa karena huruf nun sukun bertemu sin. Dibaca dengan samar dan dengung serta ditahan. Keempat, mad thabi'i karena huruf sin berharakat fathah bertemu alif. Cara bacanya panjang 2 harakat. Kelima, ghunnah karena huruf mim bertasydid. Dibaca dengan dengung dan ditahan 3 harakat. Keenam, qalqalah kubra karena huruf qalqalah Qaf di akhir kalimat dan diwaqaf. Dibaca dengan dipantulkan keras.

Itulah ragam hukum bacaan tajwid dalam Surat At Thalaq ayat 1-5 yang perlu dipahami.

Wallahu A'lam

Topik Menarik