5 Fakta Gempa Bandung M 5,0 Hari Ini, Nomor 3 Bikin Pilu

5 Fakta Gempa Bandung M 5,0 Hari Ini, Nomor 3 Bikin Pilu

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 15:40
share

JAKARTA, iNews.id Sejumlah fakta terungkap pada peristiwa gempa bumi dengan magnitudo 5,0 yang mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024) pukul 09.41 WIB.

Gempa darat tersebut merusak sejumlah bangunan dan mengakibatkan puluhan warga luka-luka.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,9.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,23 LS ; 107,65 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 25 km tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.

Berikut beberapa fakta gempa Bandung magnitudo 5,0 yang dirangkum iNews.id.

5 Fakta Gempa Bandung M 5,0 Hari Ini

1. Dipicu Sesar Garsela

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyebutkan aktivitas gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat akibat aktivitas Sesar Garsela.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Garsela. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun (oblique normal)," kata Daryono dalam keterangannya, Rabu (18/9/2024).

2. Gempa Susulan 5 Kali Guncang Bandung

Daryono mencatat ada lima kali aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo M3,1.

"Hingga pukul 10.10 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 5 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M3,1," jelasnya.

Daryono mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

3. Puluhan Orang Luka-Luka

Puluhan orang menjadi korban gempa bumi Magnitudo 5,0 yang mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024). Data terkini diperoleh ada 21 warga mendapat perawatan di Puskesmas Kertasari.

Ambulans berbalu lalang memang korban gempa bumi di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024). (Foto: iNews/Yuan Pangestu)
Ambulans berbalu lalang memang korban gempa bumi di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024). (Foto: iNews/Yuan Pangestu)

Kepala Puskesmas Kertasari dr Muhamad Irsyad mengatakan, daerah tersebut menjadi titik terparah terdampak gempa bumi.

"Kami sudah rawat dan evakuasi 21 warga yang luka-luka akibat gempa," ujarnya, Rabu (18/9/2024).

Menurutnya ada dua pasien mendapat perawatan intensif di IGD Puskesmas Kertasari karena mengalami luka tertimpa plafon bangunan puskesmas yang ambruk.

"Yang di IGD ada dua orang luka sedang karena tertimpa," katanya.

Kondisi para korban rata-rata mengalami luka benturan. Beberapa terpaksa dirujuk ke rumah sakit daerah karena kondisi luka yang serius. Termasuk juga pasien ibu hamil yang sedang persalinan sudah dirujuk petugas ke Rumah Sakit Muhammadiyah Soreang.

4. Sejumlah Rumah di 2 Kecamatan Terdampak Gempa

Sejumlah bangunan rumah warga hingga fasilitas umum terdampak kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,0 yang mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024) pukul 09.41 WIB. Dua daerah paling terdampak kerusakan yakni Kecamatan Pangalengan dan Kertasari.

Kerusakaan rumah warga di Kecamatan Kertasari akibat gempa bumi Magnitudo 5,0 yang mengguncang Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2024). (Foto: MPI/Agi Ilman)
Kerusakaan rumah warga di Kecamatan Kertasari akibat gempa bumi Magnitudo 5,0 yang mengguncang Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2024). (Foto: MPI/Agi Ilman)

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan laporan sementara terjadi kerusakan terhadap rumah warga dan fasilitas umum di dua kecamatan ini.

Laporan visual sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, beberapa rumah warga itu mengalami roboh di bagian dinding rumah, langit-langit, pagar dan kerusakan di bagian lain dengan kondisi rusak ringan hingga berat, ujar Abdul Muhari, Rabu (18/9/2024).

5. Tidak Berpotensi Tsunami

Daryono menjelaskan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Majalaya dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Banjaran dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Lembang, Parompong, Bandung Barat, Baleendah, Garut, Cileunyi dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. (Terasa getaran seakan akan truk berlalu)."Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Topik Menarik